Terapkan Protokol COVID-19, Operasi Pasar Melaksanakan Sistem Purchase Order (Pemesanan)

MADIUN- ada yang sedikit berbeda di tengah mewabahnya COVID-19, kali ini operasi pasar di Kota Madiun yang biasa berlangsung di pasar yang biasa menimbulkan kerumunan diganti dengan penyerahan langsung sasaran di kantor-kantor kelurahan. Sistem yang digunakan juga berbeda dari yang sebelumnya, warga yang membutuhkan barang komoditas melakukan pemesanan barang kebutuhan yang akan dibeli
terlebih dahulu yang akan direkapitulasi oleh petugas Kelurahan yang ditunjuk dan selanjutnya dikirimkan ke Bulog Kantor Cabang Madiun

Kelurahan Kanigoro merupakan dropping pertama dalam pelaksanaan operasi pasar stabilitas harga tersebut (6/5). ‘’menindaklanjuti surat dari bapak Sekda, sistemnya tidak berkerumun seperti biasanya. Tapi dipesan dulu baru dikirim,’’ kata Lurah Kanigoro Sumiran.

Artinya, barang kebutuhan yang di droping Bulog Madiun sesuai dengan
pesanan masyarakat. Baik jenis maupun jumlahnya. Masyarakat yang sudah memesan tinggal mengambil sesuai jadwal. Sumiran menambahkan droping barang dijadwalkan hari ini. Namun, masyarakat dapat mengambilnya besok, lusa, atau di hari lain.

‘’Jadi memang biar tidak berkerumun. Kalau ada yang datang berbarengan kita minta berjarak dan pakai masker,’’ imbuhnya.

Sumiran menambahkan pihaknya sudah menginfokan terkait OP kepadamasyarakat sebelumnya. Mereka yang ingin beli cukup memesan lewat ketuaRT masing-masing. Data yang terkumpul di RT lantas diberikan ke kelurahan untuk diteruskan ke Dinas Perdagangan Kota Madiun. Dinas langsung berkoordinasi dengan Bulog untuk jadwal pengiriman. Sedang, sistem pembayarannya bisa kolektif di Ketua RT atau langsung melakukan pembayaran saat pengambilan di kelurahan.

Berikut harga sejumlah barang kebutuhan dalam Operasi Pasar

  1. Beras medium Rp 8.100/Kg (kemasan 50 Kg)
  2. Beras medium poles Rp 9.000/Kg (kemasan 5 Kg)
  3. Beras premium ex.sakti Rp 9.500/Kg (kemasan 5 Kg)
  4. Beras premium Rp 10.500/Kg (kemasan 5 Kg)
  5. Gula kemasan polos Rp 12.500/Kg (kemasan 1 Kg, maksimal 2 Kg tiap KK)
  6. Minyak goreng KITA Rp 12.500 (kemasan 1 liter)
  7. Tepung terigu KITA Rp 8.000/Kg (kemasan 1 Kg)

Operasi pasar di kelurahan dengan sistem pemesanan ini juga berlangsung di kelurahan lain. Namun, dengan jadwal masing-masing. Masyarakat yang berminat bisa menghubungi kantor kelurahan kemudian direkapitulasi oleh petugas Kelurahan terkait.